Selasa, 27 September 2016

CARA MEMBUAT IKAN LELE BAKAR LEZAT, GURIH, LEZAT DAN GAMPANG BISA DI PRAKTEKAN DI RUMAH

Ikan merupakan makanan pokok orang Indonesia, karena harganya yang sangat murah dan terjangkau dan didalam ikan tersebut banyak mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Di Indonesia banyak sekali hidangan ikan dan olahan ikan beraneka ragam. Disini Kuliner Nusantara 7 akan membahas bagaimana cara membuat ikan lele bakar kecap dengan mudah dan bisa di praktekan di rumah untuk ibu-ibu. Ikanlele bakar kecap manis pada umumnya pasti sering dijumpai di rumah makan yang ada di daerah kita masing-masing. Umumnya ikan lele bakar ini disediakan di rumah makan minang atau rumah makan khas padang.
Pasti kalian para ibu-ibu dirumah sangat mengharapkan dan ingin sekali membuat hidangan ikan lele bakar untuk keluarga khususnya bagi pengantin muda. Pasti lagi bingung mencari resep makanan untuk dihidangkan ke suaminya. Karena, apabila para isteri pintar memasak pasti akan disayang dan dimanja oleh suaminya.
Dalam memasak ikan lele bakar ini memerlukan waktu persiapan 25 menit, untuk memasak sendiri memerlukan waktu 50 menit dan tergantung kondisi api, kalau kita sudah bisa melihat bentuk dan warna ikan lele berubah maka bisa diangkat dan siap dibakar. 

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat ikan lele bakar yang enak, lezat dan gurih yaitu sebagai berikut:
Bahan Utama:
  1. Lima ekor ikan lele segar yang baru di ambil dari kolam
  2. ¼ sendok teh merica bubuk
  3. 1 sendok teh garam
  4. 2 sendok teh jeruk nipis.

Bumbu untuk olesan Ikan lele:
  1. 3 sendok makan saus sambal pedas/manis
  2. ¼ sendok teh merica bubuk
  3. 1 sendok minyak goreng
  4. 4 siung bawang putih dan di haluskan
  5. 1 sendok makan saus tiram

Untuk Pelengkap dan pemanis hidangan:
  1. Sambal terasi
  2. Lalapan
  3. Nasi hangat
  4. Air minum (jus, es teh jeruk, es teh manis, dll) sesuai dengan keinginan.


Cara membuat ikan lele bakar:
Sebelum kita membuat ikan lele bakar yang enak, lezat dan gurih, sebaiknya kalian para ibu-ibu memperhatikan cara mencuci ikan lele agar tidak bau lumpur dan bau kotoran. Dibawah ini adalah tips-tips mencuci ikan lele agar bersih dan tidak bau kotoran diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kita bersihkan ikan lele yang sudah kita siapkan. Pada tubuh ikan lele, ada beberapa bagian yang harus dibuang dan dibersihkan diantaranya insang ikan lele, lendir ikan dan juga jeroan ikan. Setelah itu, kita gosok-gosok dan dibilas air agar bersih.
  2. Selesai memberihkan bagian lendir ikan, selanjutnya yaitu kita membersihkan bagian insang yang ada di kepala ikan.
  3. Setelah bersih, kemudian bersihkan pula bagian jeroan yang ada di bagian perut. Bagiain jeroan ini tidak dapat kita konsumsi karena termasuk kotoran.
  4. Setelah itu, kita dapat lumuri ikan tersebut dengan air jeruk nipis, merica bubuk dan juga garam agar tidak bau amis lagi.

Cara Membuat Ikan Lele Bakar:

  1. Setelah ikan dilumuri dengan bumbu perendam, silahkan anda panaskan minyak di wajan dan tunggu hingga minyak benar-benar panas secara merata.
  2. Kemudian, gorang ikan setengah matang dan angkat ikan tersebut yang sudah matang dan ditiriskan.
  3. Selanjutnya, siapkan pembakaran dan tunggu hingga panas. Kemudina bakar ikan tersebut diatasnya hingga ikan tersebut matang secara merata.
  4. Kemudian olesi ikan tersebut dengan bumbu yang sudah kita sediakan diatas tadi.
  


Setelah ikan matang sempurna secara merata maka kita siap menyajikan ikan bakar tersebut dipiring untuk kemudian dihidangkan kepada keluarga ataupun ke suami tercinta dirumah. Terimakasih anda sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ke sosial media kalian. Terimakasih selamat mencoba dan salam dari www.kulinernusantara7.blogspot.co.id

//disini kode iklan Adsense, Adnow, MGID atau lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net