Selasa, 22 Agustus 2017

TIPS MEMBUAT SUSHI, MAKANAN JEPANG ALA RUMAHAN


Sushi merupakan makanan asli dari Negara Jepang yang terbuat dari bahan utamanya nasi jepang serta ikan yang segar yang langsung didapatkan dari Laut. Makanan khas dari Negeri Jepang ini banyak sekali disukai oleh masyarakat seluruh dunia lo apalagi di Indonesia diberbagai belahan Indonesia sekarang sudah tak jarang orang susah mencari restoran yang menyajikan hidangan sushi ini.

Bagi kalian yang belum tahu bahwa sushi itu mengandung bahan-bahan yang sangat tinggi akan kandungan vitamin dan protein. Bahan tersebut adalah tobiko. Tobiko merupakan telur ikan yang biasa digunakan dalam pembuatan sushi. Telur-telur ikan tersebut berukuran sangat kecil yaitu kisaran 0,5 sampai dengan 0,8 mm. Warnanyapun mungkin kalian sudah paham untuk warna telur ikan itu warnanya yaitu kuning kekuningan gitu.


Oke, tak perlu lama-lama lagi, mari simak tips-tips cara membuat sushi ala kita sendiri dirumah ya para foodies. Simak dan jangan lupa bantu share artikel ini ke medsos kalian ya foodies agar website kulinernusantara7 ini bisa berkembang dan bisa rame kayak pasar hehehehe. Oke, silahkan disimak ya foodies.

Bahan-bahan
Bahan nasi:
  1. 150 gram beras jepang import
  2. 200 ml air
  3. 1 sendok teh gula pasir
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok makan rice vinegar.
Bahan isi sushi:
  1. 2 lembar nori ukuran 19x20 cm
  2. 6 buah crab stik
  3. 6 potong avokad, potong panjang
  4. 8 potong ketimun jepang, buang bijinya, lalu potong panjang-panjang
  5. ¼ sendok teh wijen hitam yang telah disangrai
  6. 1 sendok teh wijen putih yang telah di sangrai.


Untuk para foodies, kalian bisa memasukan atau memakai toping sushi itu bisa menggunakan ikan salmon segar, bisa menggunakan cumi, bisa menggunakan gurita, bisa menggunakan kerang laut, bisa menggunakan udang, dan lain sebagainya sesuai dengan selera.



Cara Pembuatan
Dalam cara pembuatan sushi ini tidaklah susah, pertama-tama foodies siapkan beras tadi, setelah itu cuci beras tersebut sampai dengan bersih, setelah bersih silahkan foodies tiriskan. Kemudian masak nasi jepang tersebut seperti kita memasak nasi biasanya di rumah. Setelah nasi matang, nasi didiamkan beberapa saat agar hangat. Setelah itu dituangkan kedalam nampan dan campur dengan campuran rice vinegar, garam, dan gula pasir sampai merata. Aduklah nasi tersebut dengan campuran tadi hingga tercampur dengan merata. Setelah merata silahkan foodies tutup dengan lap bersih yang lembab dan nasipun sudah siap untuk digunakan nanti.

Setelah nasi selesai, saatnya para foodies untuk menggulung sushinya. Caranya yaitu ambilah sekitar 120 gram nasi sushi tersebut lalu dikepalkan. Biasanya menggulung sushi juga bisa menggunakan alat penggulungnya hingga lebih mudah untuk mencetaknya. Letakan nasi tersebut diatas selembar nori kemudian ratakan. Sisakan 1 cm dari ujungnya untuk jaga-jaga bila nasi tersebut sedikit berlebih nanti ketika dipotong. Setelah itu, taburi bagian tengahnya dengan campuran wijen hitam dan wijen putih. Tata nasi tersebut di atas makishu (anyaman bambu) yang digunakan untuk menggulung sushi. Nah setelah crab stik, avocad, dan ketimun jepang kemudian taruh diatas nori dan nasi yang sudah foodies siapkan. Setelah itu, langkah terakhir yaitu gulunglah sambil dipadatkan isinya. Setelah jadi, potong-potong sesuai dengan ukuran yang mudah untuk dimakan dan sushimu pun jadi.





//disini kode iklan Adsense, Adnow, MGID atau lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net